Rabu, 18 Juni 2008

BONSAI

BONSAI


Bonsai memang tanaman spesial. Sebab, penggemarnya pun kebanyakan dari kalangan seniman atau elite. Namun saat ini, image kalau bonsai tanaman mahal itu sebaiknya dihapus. Pasalnya, bagi Anda yang tinggal di daerah pun dapat jadi anggota penggemar bonsai, meski tak harus memiliki bonsai.

Kini, hal itu bisa dibuktikan dalam salah satu visi berdirinya Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI). “Dalam sosialisasinya, kiprah PPBI tak hanya ada di pusat, tapi juga membaur ke daerah-daerah. Sebab, masing-masing daerah mempunyai potensi yang harus dikembangkan, sehingga di lain sisi juga sebagai pemberdayaan masyarakat terhadap hasil alam, khususnya tanaman yang potensi untuk bonsai,” kata Ketua PPBI cabang Tuban, Munasir.

Seperti PPBI Tuban yang sudah berdiri dua tahun lalu ini, kehadirannya dapat sambutan hangat dari masyarakat. Terlebih bagi para penggemar tanaman bonsai. Uniknya, masih kata Munasir, dalam PPBI ini hanya mengenal istilah penggemar bonsai. Sebab, makna penggemar ini milik universal, meski anggotanya sebagai kolektor, penghobi ataupun pebisnis. Itu dilakukan untuk men-seragamkan para anggota. Jadi, tak ada kecanggungan satu sama lain.

Selain mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam budidaya bonsai, PPBI juga ingin melakukan sosialisasi yang sifatnya lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Misalnya, dengan melakukan diskusi ataupun penyuluhan yang berkaitan dengan tanaman bonsai, sehingga secara tak langsung akan menciptakan rasa kekeluargaan.

Tidak ada komentar: